Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia Terpercaya #

Friday, August 21, 2015

Pelatihan Kepemimpinan Efektif- effective leadership

Kepemimpinan efektif dan bawahan termotivasi berdampak positif ke dalam dan luar perusahaan. Efektif diartikan memberikan dampak positif, orientasi hasil, produktif, berdaya guna dan berkeinginan kuat untuk sukses.pemimpin dan bawahan ibarat majikan dan juragan, karakter berbeda dan bertolak belakang. Bila dipadukan dengan benar akan menciptakan situasi dinamis, sinergi positif dan kekuatan besar. 8 sikap kepemimpinan yang efektif adalah,


Vision yaitu ingin sukses membutuhkan visi, agar arah dan tujuan perusahaan terlihat jelas sekarang dan mendatang. Pemimpin yang efektif berupaya menanamkan visi kepada karyawannya agar pikiran dan tindakan selaras dan konsisten dengan tujuan perusahaan. Pemimpin yang visioner akan membuat karyawannya bergerak dengan semangat tinggi dan bergelora dalam bekerja.

Transformational,merupakan pemimpinan yang membangun dan servant leadership (pemimpin yang melayani) akan mengungkit motivasi bawahannya. Pemikiran yang transformasional menjadikan tim kerjanya bergerak dan berubah lebih cepat demi meraih kemajuan.

Balancing Between Reward and Punishment Pemimpin dapat melakukan keseimbangan dalam mengelola perusahaan. Yang berprestasi dan berkontribusi akan mendapatkan promosi jabatan, kenaikan gaji, pujian.

Good Listener Pemimpin yang efektif akan meramu semua informasi yang didengar dari semua pihak tanpa kecuali. Kemudian menganalisis sesuai dengan kenyataan di lapangan dan mengambil tindakan.


Anger Management pada saat perusahaan mengalami hambatan dan masalah, pemimpin dapat melakukan dorongan lebih keras seperti ekspresi marah. Mengelola kemarahan atau anger management memerlukan kontrol emosi yang cerdas. Artinya, ekspresi marah dituangkan sebagai bentuk shock therapy dan lecutan agar semua orang sadar akan situasi yang buruk dan bergerak melakukan pembenahan.

Discipline Oriented dijadikan budaya perusahaan karena mengandung makna positif dan membangun. Disiplin akan mengangkat moral karyawan dalam pekerjaan dengan fokus kepada sasaran yang hendak dicapai.


Cybernetics Control Metode kontrol ini seperti jaringan atau sibernetika yang berkesinambungan dan saling terhubung antara informasi yang satu dengan lainnya. Dengan melihat langsung ke lapangan akan mempertajam dan melengkapi intuisinya sebagai pendengar yang baik.

Meritocracy Pemimpin yang efektif akan menciptakan karyawan sebagai aset bernilai tinggi dan ujung tombak perusahaan. Maka penempatan karyawan andal dapat dilakukan melalui sistem meritokrasi yaitu berdasarkan kemampuan, prestasi, dan talenta.


Kepemim­pinan sebagai suatu proses dapat berlang­sung di dalam dan di luar suatu organisasi. Kepemimpinan yang efektif merupakan proses yang dinamis, karena berlangsung di lingkungan suatu organisasi sebagai sistem kerjasama sejumlah manusia untuk mencapai tujuan tertentu, yang bersifat dinamis pula. Kepemimpinan yang efektif hanya terwujud jika mam­pu menghormati hak-hak asasi manusia, meskipun akan selalu menghadapkan ke­pemimpinan pada berbagai konflik. Untuk itu kepemimpinan yang efektif harus mampu menyelesaikan setiap konflik, se­bagai bagian dari prosesnya yang dinamis. Semua ini diperlukan untuk mengenali tantangan yang ada dan meraih tujuan organisasi. Oleh karena itu, kemampuan bekerja sama dan mengembangkan bawahan mutlak diperlukan oleh seorang pemimpin.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan:
  • Mampu mengembangkan gaya kepemimpinan performance leadership untuk meningkatkan kinerja individu/team secara optimal.
  • Mampu melaksanakan komunikasi yang terbuka menyangkut kinerja (kompetensi dan komitmen) bawahan sehingga menjadi pribadi yang mandiri.

Materi Pelatihan Effective Leadership:

Who is The Leader : Charismatic leader, Transactional leader, and Transformational leader
Leadership : Leader, terlatih atau terlahir ?
Manager versus Leader: Management role, Leadership role, and Facilitator role
Leader Needs Followers: The followers and leadership style.

Tindakan dan sikap mental leader:
Insipiring a shared vision: Envision the future, Enlist other, and Effective communications.
Challenging the process: kategori tantangan, conflict resolution, problem solving, dan mencari kesempatan tantangan.
Enabling others to act: foster collaboration, strengthen others,  and perspective on empowerment – delegation.
Encouraging the heart: recognize individual contributions, reward system, and celebrate team accomplishments.
Modeling the way: set the example for other.
Kami Juga mengundang Peserta pelatihan di Technophoria Yogyakarta untuk Instansi Pemerintah, BUMN ataupun Pribadi :
Tema     : Pelatihan Kepemimpinan Efektif- Effectif Leadership
Alamat          :   Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta. 55281
Biaya             :   Rp 4.500.000,-

Fasilitas dan Perlengkapan Pelatihan yang kami sediakan adalah :

     Kelas / Ruang AC
     Perlengkapan kelas ( OHP/Infocus/TV )
     Modul, Handout, Block Note
     PC dan Perlengkapan Lab
     T-Shirt & Souvenir
     Sertifikat
     Coffee break & Lunch
     City tour/Rekreasi di seputar kota Yogyakarta
     Penginapan / Hotel
     Pemesanan Tiket pesawat, travel dan kereta api
     Antar jemput dari dan ke bandara, stasiun kereta, atau terminal


Informasi lebih lanjut pada program ini,permintaan surat undangan dan permintaan materi pelatihan yang lain bisa segera hubungi :
CP : PURWANA  0813 - 2561 - 8396

0 comments:

Post a Comment

PELATIHAN TERBARU DAN UPDATE