Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia Terpercaya #

Tuesday, June 30, 2015

Pelatihan Akuntansi Berbasis Akrual

Pelatihan Akuntansi berbasis Akrual untuk SKPD
Dasar pelatihan akuntansi berbasis Akrual, merupakan salah satu prinsip akuntansi untuk menentukan saat pengakuan dan pelaporan suatu transaksi ekonomi dalam laporan keuangan. Terdapat dua basis akuntansi yang sering digunakan, yaitu basis kas (cash basis) dan basis akrual (accrual basis). Basis kas akan mencatat transaksi keuangan pada saat kas diterima atau dikeluarkan, sedangkan basis akrual mencatat transaksi pada saat terjadinya pendapatan atau belanja walaupun kas belum diterima atau dikeluarkan. Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang berlaku dewasa ini menggunakan basis kas menuju akrual (cash towards accrual).
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara. Pemerintah Indonesia melakukan perubahan dalam bidang akuntansi yaitu dengan mewajibkan seluruh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk dapat menerapkan akuntansi berbasis akrual yang dimulai dari tahun 2008. Hal tersebut terdapat dalam Pasal 36 ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 yang berbunyi : “Ketentuan mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 13, 14, 15, dan 16 undang-undang ini dilaksanakan selambat-lambatnya dalam 5 (lima) tahun. Selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas”.

TUJUAN PELATIHAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL
  1. Meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan teknis penyusunan  laporan keuangan berbasis akrual sesuai Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 bagi petugas yang membidangi akuntansi di unit kerja pemerintah daerah di Indonesia.
  2. Meningkatkan implementasi penyusunan laporan keuangan berbasis akrual sesuai Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 di Pemerintah Kota / Kabupaten di Indonesia.

MANFAAT PELATIHAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL

Peserta diharapkan memiliki kemampuan teknis yang memenuhi standard untuk menyusun laporan keuangan berbasis akrual.


Alamat          : Jl.Perumnas No. 83 Seturan,Yogyakarta.55281

Biaya            : Rp 4.500.000,-

Fasilitas dan Perlengkapan Pelatihan yang kami sediakan adalah :
•     Kelas / Ruang AC
•     Perlengkapan kelas ( OHP/Infocus/TV )
•     Modul, Handout, Block Note
•     PC dan Perlengkapan Lab
•     T-Shirt & Souvenir
•     Sertifikat
•     Coffee break & Lunch
•     City tour/Rekreasi di seputar kota Yogyakarta
•     Penginapan / Hotel
•     Pemesanan Tiket pesawat, travel dan kereta api
•     Antar jemput dari dan ke bandara, stasiun kereta, atau terminal

Informasi lebih lanjut pada program ini,permintaan surat undangan dan permintaan materi pelatihan yang lain bisa segera hubungi :

CP PURWANA,  08175480761

0 comments:

Post a Comment

PELATIHAN TERBARU DAN UPDATE